Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Agar Tidak Terjebak Phising

Cara Ampuh Agar Tidak Terjebak Pising

Cara Ampuh agar Tidak Terjebak Phising - Semakin lama semakin berkembangnya teknologi seperti dalam dunia Internet. Sekarang sudah semakin banyak tindakan kriminal online. Phising adalah salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh setiap pengguna internet terutama Sosial Media. Tapi sebelum anda membaca artikel ini lebih lanjut apakah sobat tau apa itu Phising ? lalau seperti apa itu ?


Apa itu Phising ?

Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email, situs, aplikasi, dll. (sumber Google.com dan tambahan sedikit)

Bagaimana Cara Supaya Tidak Terkena Jebakan Phising ?

Sebenarnya banyak sekali cara mengatisipasi penyebaran phising di Internet terutama media social yang kemudian dialihkan ke situs, nah kali ini saya akan memberikan Tips Ampuh Menghindari Phising.


Cara Mudah Supaya Tidak Terkena Phising

  1. Hindari klik link sembarangan di Internet terutama Facebook.
  2. Jangan mengisikan data diesbuah website yang abal-abal. Biasanya situs palsu memiliki domain aneh bahkan gratisan ( Misal phising.us.to, cheat.co.vu, jebakan.esy.es dll )
  3. Jangan download aplikasi yang tidak terpercaya atau kualitasnya belum terbuktikan. Misal ada iming iming Cheat Game, maka didalam aplikasi atau software disuruh memasukan ID dan password, maka sudah semakin jelas itu juga phising.
  4. Hati-hati dalam download aplikasi dari internet, karena tidak jarang file terbut disisipi virus.
  5. Jangan menyebar akun sobat, bisajadi meskipun sobat sudah berhati-hati tetapi ada orang lain yang memakai dan terjebak.

Kalau sudah terlanjur bagaimana ?

  1. Ganti password akun sobat,entah itu akun social media, game, Dll.
  2. Sering cek akun, terutama untuk Facebook buka log aktifitas.
  3. Segera beritahu orang lain terutama teman.

Nah begiitulah Tips atau Cara Suapaya Tidak Terkena Phising . Jangan lupa sering berkunjung dan membaca artikel disini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih.