Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Data Internet di Android

Cara Menghemat Data Internet di Android - Terkadang banyak sekali pengguna Android yang cukup kesal dengan kuota internetnya, apa lagi kalau sebulan dengan biyaya mahal baru dapat beberapa giga itupun sangat boros.
Nah kali ini saya akan memberikan tips atau cara agar kuota sobat di Android tidak wush wush :D kaya kilat langsung habis. Yang paling cepat menghabiskan kuota adalah seperti Youtube atau video streamig yang lainya. Berikut tips menghemat kuota di android.

Tips atau Cara Menghemat Data Internet di Android

Berikut ini menurut saya adalah cara yang lumayan bagus atau efektif untuk menghemat yaitu dengan memasang dan menggunakan browser browser berikut ini.

1. Opera Max
Aplikasi penghemat data internet di android

Dalam penggunan Opera Max akan melakukan enkripsi data dari semua aplikasi Android kamu ketika kamu terhubung dengan jaringan mobile data. Melalui Opera server maka semua data yang masuk ke Android kamu akan di kompress terlebih dahulu, termasuk kompresi terhadap video, foto, halaman web, dan data lainnnya. Namun ada kekurangan dari sebuah aplikasi tersebut, karena terdeapat beberapa iklan yang muncur bawaan dari browser dalam penggunaanya yang gratis.

2. Onavo Extend
Aplikasi penghemat data internet di android

Aplikasi kompresi mobile data yang dapat digunakan untuk semua aplikasi di Android kamu. Berbeda dengan Opera Max, Onavo Extend tidak akan melakukan kompresi pada video. Onavo Extend merupakan salah satu cabang perusahaan dari Facebook. 

3. Google Chrome Android


Aplikasi penghemat data internet di android
Dengan fitur Reduce Data Usage, tentunya akan menghemat penggunaan kuota kamu ketika browsing. Untuk menggunakannya cukup dengan masuk ke tombol Menu, pilih Settings. Kemudian pilih Bandwidth Management kemudian Reduce Data Usage diaktifkan. 

4. Opera Browser


Aplikasi penghemat data internet di android
Opera Browser ataupun Opera Mini sama-sama memiliki fitur ini. Dan fitur ini yang kemudian menjadi Opera Max. Jika kamu bingung menggunakan Opera Max, maka cara mudahnya adalah kamu menggunakan Opera Browser ini. Dengan mengaktifkan Off-Road Mode kamu dapat melakukan kompresi pada data di browser kamu. Untuk menggunakannya pilih tombol O kemudian aktifkan Off-Road mode. 



Selain menggunakan browser tertentu seperti yang terdapat diatas, masih banyak lagi cara untuk menghematnya yaitu dengan beberapa hal yang berikut ini juga akan saya sampaikan dibawah ini. Mungkin sobat sangat penasara, langsung saja dah dibaca.

  1. Mematikan aplikasi yang tidak diperlukan
    Mungkin sebagian diantara sobat memasang apliksai yang berhubungan dengan internet. Terutama yaitu biasanya adlah BBM, karena selain mengmbuat boros baterai menggunakan BBM di Smartphone juga akan memboroskan data.
  2. Menonaktifkan fitur auto update
    Dengan ang satu ini mungkin juga tidak terlalu asing bagi sobat, karena fitur ini biasanya selalu aktif pada Smartphone yang baru. Sobat mungkin pernah mengetahui smartphone sobat tiba tiba melakukan update otomatis dari playstore. Untuk menonaktifkan biasanya ada di pengaturan playstore.


Nah semoga dengan aplikasi diatas data jadi lebih hemat, karena sudah diuji coba di ITB dan IPB ups... di HP Android maksudnya. Untuk sobat pengguna Android yang beum tau caranya root siahkan baca Cara Root Android Tanpa PC Mudah .. Thanks to jalantikus.com. Jangan lupa komentar.

Kata kunci terkait :
cara memperbaiki hotspot shield yang ke habisan bandwidth