Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kupas Tuntas Mengenai Istilah SEO (Search Engine Optimization)

Kupas Tuntas Mengenai Istilah SEO (Search Engine Optimazion)
Kupas Tuntas Mengenai Istilah SEO - Artikel kali ini merupakan yang kesekian kali mengenai SEO, bahkan saya sendiri pernah menulis artikel mengenai "Apa itu SEO? dan Pengaruhnya terhadap Blog". Namun apa yang saya bahas kali ini cukup berbeda dengan sebelumnya. Disini saya akan membahas mengenai beberapa hal seperti Arti SEO Menurut Bahasa, Apa yang dimaksud dengan SEO? Definisi SEO Menurut Wikipedia dan Para Pakar (Indonesia), dan juga Pengertian SEO menurut saya sendiri yang saya simpulkan bahwa ada dua jenis Optimasi Mesin Pencari. Daripada penasaran yuk langsung saja simak berikut ini.


Apa itu SEO? (Menurut Bahasa)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau jika diartikan ke Bahasa Indonesia adalah Optimasi Mesin Pencari. Sebenarnya cukup simpel istilah tersebut jika diartikan menurut bahasa, namun tak jarang banyak orang masih salah dalam mengartikanya.


SEO menurut Wikipedia dan Para Pakar (Indonesia)


wikipeda.com
(Bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

seomanagement.com
Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

maxmanroe.com
SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.
Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads).

panduanim.com
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.


Sedangkan SEO Menurut Saya adalah...

Suatu usaha atau tindakan untuk mendapatkan peringkat terbaik pada hasil pencarian di mesin pencari. Menurut saya SEO dibedakan menjadi dua, yaitu :


Optimasi secara Gratis
Optimasi SEO secara Gratis

Sudah jelas optimasi ini dapat dilakukan secara gratis tanpa harus membayar kepada pihak tertentu. Namun cara ini harus dilalui dengan berbagai cara yang lebih rumit daripada dengan SEO berbayar hanya saja GRATIS.

Optimasi secara Berbayar
Optimasi SEO secara Berbayar

Jika beberapa ahli mengatakan Mengiklan bukan SEO, saya kurang setuju dengan pendapat tersebut karena mengiklan juga merupakan suatu usaha untuk menjadikan situs kita berada pada posisi terbaik di mesin pencari bahkan teratas atau halaman pertama. Selain itu dengan mengiklan pasti terjamin berada diatas situs yang melakukan optimasi secara gratis.

Kesimpulan

Arti dari kata SEO sendiri masih berupa pendapat, jadi jika ada yang ngotot atau mengatakan bahwa "Mengiklan bukan SEO", "SEO harus berbayar" itu semua adalah pendapat mereka masing-masing. Ingat! yang saya katakan mengiklan adalah mengiklan pada mesin pencari, bukan situs lain.


Demikian artikel mengenai SEO. Saya menulis seperti ini bukan berarti saya ahli dalam bidang ini. Namun saya hanya ingin berpendapat bahwa optimasi tersebut bisa dilakukan secara gratis maupun mengiklan (berbayar) yang beberapa pendapat mengatakan sebaliknya. Sekian, terimakasih.